Dampak Buruk  Anak Sering Main Gadget, Menjadi  Enggan Mencari Informasi Bermanfaat

waktu baca 2 menit
Dampak anak bermain gadget

Media Kampung – Profesor dari Universitas Airlangga (Unair) mengungkapkan dampak buruk yang terjadi saat enggan karena terlalu asyik dengan gadget. Profesor Rahma Sugihartati menjelaskan bahwa banyak penelitian telah membuktikan adanya hubungan negatif antara penggunaan gadget dan minat baca .

Menurut Profesor Rahma, penggunaan gadget yang berlebihan cenderung membuat lebih tertarik untuk bermain game, mengakses media sosial seperti YouTube dan Instagram, mendengarkan musik, daripada . Gadget tidak dimanfaatkan sebagai media buku atau e-book.

“Dalam beberapa kasus, penurunan minat baca pada disebabkan oleh dominasi penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari mereka. Jika tidak dibangun minat bacanya sedari dini melalui kegiatan , maka mereka cenderung tidak akan memanfaatkan gadget sebagai media untuk ketika dewasa,” ungkap Prof Rahma.

Menurut prof Rahma, Akibatnya, pada usia dewasa, anak-anak yang sudah tumbuh dewasa ini akan enggan mencari informasi yang bermanfaat melalui membaca. “Mereka lebih memilih informasi instan yang diperoleh melalui internet tanpa memeriksa kebenarannya,” jelasnya.

Selain itu, anak-anak yang terlalu tergantung pada gadget juga cenderung hanya melakukan copy-paste informasi tanpa menyelami dan memahami isi informasi yang mereka dapatkan.

Untuk mengatasi hal ini, Profesor Rahma menyarankan agar kita tidak memperkenalkan gadget kepada anak-anak sebelum mereka memiliki minat baca dari sumber cetak seperti buku. ‘Selain itu, penggunaan gadget untuk kegiatan seperti bermain game perlu diimbangi dengan kegiatan membaca menggunakan gadget tersebut,” saran prof Rahma.

Dengan cara ini, diharapkan kita dapat membangkitkan minat baca pada anak-anak sehingga mereka tidak hanya tergantung pada gadget dan lebih menghargai kegiatan membaca yang dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam kehidupan mereka.

Dapatkan update Berita Pilihan Dan Breaking News setiap hari dari Mediakampung.com Di Google News. Caranya klik link ini Meka News Dan kemudian Klik Follow.
Media Kampung - Kami ada di Google News - Google Berita