Yenny Wahid Ungkap Wasiat Gus Dur seputar Cak Imin dan Konflik Internal PKB

waktu baca 2 menit
Yenny Wahid Ungkap Wasiat Gus Dur seputar Cak Imin

Media Kampung, putri dari Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, baru-baru ini mengungkapkan sebuah wasiat yang ditinggalkan oleh ayahnya sebelum . Wasiat tersebut berkaitan dengan kursi ketua umum (PKB) dan , yang dipanggil .

Menurut Yenny, Gus Dur berpesan bahwa “ harus diganti” sebelum beliau meninggal. Hal ini dia sampaikan sebagai tanggapan terhadap pernyataan yang menyatakan dirinya menjadi kudeta saat diberhentikan sebagai pada medio 2008.

Yenny juga menjelaskan bahwa menurut pandangan beliau, kudeta terhadap Gus Dur oleh terjadi di Muktamar PKB Ancol tahun 2008, dan banyak yang mengetahuinya. Ia menekankan bahwa publik telah dewasa dalam menyikapi klaim , dan masih ada banyak saksi yang menyaksikan saat itu.

Menurut Yenny, Gus Dur bahkan sampai mengeluarkan surat terkait peristiwa tersebut. Yenny juga membantah tuduhan bahwa dirinya turut serta dalam mengkudeta Cak Imin. Ia mengklaim bahwa pada saat itu, ia hanya merupakan “prajurit” loyal dari Gus Dur dan menyaksikan bagaimana Gus Dur sendiri dikudeta oleh Cak Imin.

Konflik internal dalam PKB antara pendukung Gus Dur dan pendukung Cak Imin memuncak pada medio tahun 2008 dan berujung pada Musyawarah Luar Biasa (MLB) oleh kedua kubu. Gus Dur dan pendukungnya menggelar MLB di Pesantren Ashriyah Nurul Iman, Bogor, sementara Cak Imin dan pendukungnya menggelar MLB di salah satu hotel kawasan Ancol.

Terbaru, Cak Imin telah dideklarasikan sebagai (cawapres) bersama dengan dukungan dari Partai dan PKB dalam . Deklarasi keduanya digelar di Hotel Majapahit Surabaya pada 2 September 2023.

Cak Imin juga merasa bahwa anggapan mengenai dirinya yang pernah mengkhianati Gus Dur kerap muncul jelang pemilu adalah salah. Sebaliknya, ia merasa bahwa dirinya justru dikudeta saat diberhentikan dari jabatan .

Dapatkan update Berita Pilihan Dan Breaking News setiap hari dari Mediakampung.com Di Google News. Caranya klik link ini Meka News Dan kemudian Klik Follow.
Media Kampung - Kami ada di Google News - Google Berita